Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja / Surat Resign

Contoh Surat Pengunduran Diri - Surat pengunduran diri adalah kebalikan dari surat lamaran kerja. Jika surat lamaran kerja dibuat untuk melamar pekerjaan sedangkan surat pengunduran diri atau biasa disebut juga dengan surat resign tujuannya untuk berhenti bekerja dari perusahaan tempat anda bekerja karena alasan tertentu. Mengapa perlu membuat surat pengunduran diri kerja? Anda bisa saja berhenti bekerja tanpa mengajukan surat pengunduran diri kerja akan tetapi citra baik anda akan tercoreng padahal ketika anda memutuskan untuk berhenti bekerja dari suatu perusahaan dan melamar pekerjaan di perusahaan lain, anda masih membutuhkan surat pengalaman kerja sebagai kelengkapan ketika mengirim surat lamaran pekerjaan dan dalam hal ini surat pengalaman kerja tersebut bukan anda yang membuat melainkan pimpinan perusahaan di tempat anda bekerja sebelumnya.

Surat pengunduran diri kerja yang anda buat haruslah sopan, memiliki alasan yang tepat, kuat dan tidak meng-ada ada, tujuannya jelas agar permintaan anda untuk mengundurkan diri dari perusahaan tersebut disetujui oleh pimpinan perusahaan.
Salah satu alasan yang bersifat negatif yang harus anda hindari ketika membuat surat pengunduran diri dari perusahaan adalah misalnya karena ingin bekerja di perusahaan lain yang menawarkan gaji yang lebih. Untuk lebih mudahnya bagaimana membuat surat resign kerja yang baik bisa anda lihat contohnya berikut ini



Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja 1


Denpasar, 27 September 2014
Kepada, Yth, Kepala. HRD PT. Wijaya

Dengan Hormat

Melalui surat ini saya selaku karyawan PT. Wijaya berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) tentang karyawan dan Undang - Undang tenaga kerja maka saya yang bertanda tangan di bawah ini

Nama : _____________
Departemen : _____________
Jabatan : _____________
No Karyawan : _____________

Bermaksud mengajukan pengunduran diri dari PT. Wijaya karena sakit yang saya derita. Surat ini saya buat sesuai dengan prosedur hubungan industrial dan tanpa motivasi negatif. Saya berharap perusahaan dapat memahami kondisi saya dan memberikan hak - hak sesuai ketentuan yang berlaku.

Demikian surat pengunduran ini saya buat dengan sebenarnya. Atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan selama ini saya ucapkan terimakasih

Hormat Saya


Mukti

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja 2


Denpasar, 10 Agustus 2014
Kepada, Yth
HRD Manager
PT. Asri
Jl. Gunung Agung, No. 18
Denpasar

Dengan Hormat

Melalui surat ini saya Eka Bowo bermaksud mengundurkan diri dari PT. Asri sebagai Marketing Manager, terhitung sejak tanggal (tgl__Bln__Thn__) 

Saya ucapkan terimakasih atas kesempatan dan kepercayaan yang telah diberikan kepada saya selama bekerja di perusahaan yang Bapak pimpin. Saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen PT. Asri apabila terdapat kesalahan yang saya lakukan selama bekerja
Saya berharap PT. Asri dapat terus berkembang dan mendapatkan yang terbaik

Hormat Saya


Eka Bowo



Dua contoh surat resign kerja di atas tidak bersifat baku, artinya anda bisa membuat pernyataan dan alasan lain yang menurut anda sopan dan tidak bersifat negatif namun untuk format penulisannya bisa anda lihat pada contoh di atas. Bagi anda yang hendak melamar pekerjaan baca juga artikel cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar di Conto Surat Lamaran Kerja

Related Posts: