Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar

Contoh surat lamaran kerja yang saya posting kali ini adalah salah satu contoh surat resmi dari sekian banyak jenis surat resmi yang bisa dikatakan baik dan benar jika sesuai dengan metode penulisan yang berlaku. Membuat surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar tentunya selain harus sesuai dengan format penulisan sebagaimana mestinya tentu juga harus menggunakan bahasa yang sopan dan resmi.

Surat lamaran kerja adalah tahap pertama yang harus dilalui oleh calon karyawan sebelum dipanggil oleh pihak perusahaan untuk dilakukan interview. Maka dari itu sangat perlu kiranya kita mengetahui bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang benar melalui contoh surat lamaran yang akan kita bahas berikut dan disertai juga dengan tips dan saran dan surat kelengkapan apa saja yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan pimpinan perusahaan ditempat anda melamar pekerjaan

Cara membuat surat lamaran kerja

Membuat surat lamaran pekerjaan yang benar harus mencakup beberapa bagian surat dan struktur penulisan seperti berikut di bawah ini

1.Tempat dan tanggal penulisan
2.Perusahaan yang ditujukan
3.Salam hormat
4.Kata pengantar
5.Biodata pribadi
6.Pengalaman kerja dan skill
7.Harapan
8.Penutup

tips dalam membuat surat lamaran kerja

1.Gunakan bahasa yang baik dan benar sesuai EYD
2.Format penulisan yang rapi dan dengan bahasa yang singkat padat
3.Surat lamaran kerja ditulis secara manual (tulisan tangan) dan memang anda yang membuatnya
4.Lengkapi surat lamaran kerja anda dengan data yang dibutuhkan oleh perusahaan
5.Lampirkan surat kelengkapan lainnya seperti sertifikat, daftar riwayat hidup dan pengalaman kerja

Tips dan membuat surat lamaran kerja sudah kita bahas, berikutnya bisa anda simak langsung contoh surat lamaran pekerjaan berikut ini



Contoh surat lamaran pekerjaan


Bali, 25 Mei 2014
Kepada Yth :
HRD PT JAYA ABADI
Jl. Diponegoro No. 15 Singaraja Bali

Perihal : Lamaran kerja

Dengan Hormat

Berdasarkan informasi dari media massa, koran harian perihal lowongan pekerjaan di perusahaan tempat Bapak/Ibu pimpin. Melalui surat lamaran ini saya ingin mengajukan diri untuk melamar pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk mengisi posisi yang dibutuhkan saat ini. Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                          : Ningrum
Tempat/Tanggal Lahir : Denpasar, 22 Agustus 1991
Jenis Kelamin              : Perempuan
Pendidikan                  : SMK 2 Tata Boga Bali
Alamat                        : Jl. Tantular No. 10 RT/RW 05/08
Telepon                       : 085333446654

Untuk melengkapi beberapa data yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan, saya lampirkan kelengkapan data diri sebagai berikut :

1.Pas Photo.
2.Foto copy KTP
3.Daftar Riwayat Hidup
4.Foto copy Ijazah Terakhir
5.Foto copy Sertifikat Competensi
6.Foto copy Sertifikat PKL

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenarnya dan atas perhatian Bapak/Ibu pimpinan saya mengucapkan terimakasih.

Hormat saya

Ningrum

Contoh surat lamaran kerja


Denpasar, 28 April 2014
Kepada Yth :
HRD PT. Indah Permai
Jl. Pulau Alor No. 17 Denpasar Barat

Dengan hormat,

Saya yang bertandatangan di bawah ini :

Nama                         : Wildan Syahputra, SE
Tempat, Tgl. Lahir      : Denpasar, 11 Juni 1988
Alamat                       : Jl. Tantular No. 15 Renon Denpasar
No. Telp/HP               : 081333688855
Pendidikan                 : S1 Manajemen

Dengan surat ini saya ingin mengajukan lamaran kerja di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin sebagai Marketing. Dengan pengalaman kerja sebagai Marketing Manajer di salah satu perusahaan terkemuka di Surabaya, saya siap untuk memberikan dedikasi dan kompetensi baik waktu dan tenaga saya di perusahaan yang Bpk/Ibu pimpin.  Sangat besar harapan saya agar dapat diberikan kesempatan wawancara maupun tes lainnya. Melalui surat permohonan ini saya sertakan beberapa lampiran kelengkapan data diri untuk dapat dijadikan bahan pertimbangan

1. Daftar Riwayat Hidup
2. Foto copy Ijazah
3. Foto copy sertifikat
4. Foto copy KTP
5. Foto copy transkrip nilai
6. Pas photo terbaru
7. Surat Pengalaman Kerja

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dan saya ucapakan banyak terima kasih atas perhatian Bapak / Ibu pimpinan perusahaan.

Hormat saya

Wildan Syahputra, SE.

Untuk membuat surat lamaran kerja yang merupakan salah satu surat kelengkapan dalam membuat surat lamaran pekerjaan bisa anda lihat di contoh surat pengalaman kerja

Dari dua contoh surat lamaran di atas memang terdapat sedikit perbedaan namun dalam hal format dan struktur penulisan keduanya adalah sama dan anda dapat mengkreasikan sendiri sesuai dengan tempat perusahaan dan data yang dibutuhkan perusahaan tempat anda melamar kerja. Untuk surat kelengkapan seperti daftar riwayat hidup dan cara membuatnya bisa anda lihat di contoh cv lamaran kerja (curriculum vitae) atau dalam bahasa indonesia disebut juga daftar riwayat hidup

Related Posts: