Puisi | Contoh Puisi Cinta & Kehidupan

Puisi berikut termasuk jenis puisi baru karena puisi ini tidak terikat dengan aturan seperti halnya jenis puisi lama yang sangat terikat dengan aturan seperti jumlah baris, jumlah bait dan sajak a-b-a-b dan lain sebagainya. Untuk informasi tentang jenis puisi insyaAllah akan saya bahas pada artikel selanjutnya. Banyak sekali Contoh puisi berdasarkan jenisnya dan untuk contoh puisi dibawah ini sebagian termasuk kategori puisi cerita yang menggambarkan perjalanan hidup dari si pembuat puisi dan sebagian lagi terdapat puisi romansa yang merupakan ungkapan perasaan cinta kasih

Puisi Kehidupan


Perjalanan Hidup

Aku naik di atas kegelapan.
Menyingkap tabir kehidupan
Setiap langkah membentang lebih jauh,
Ke kabut.

Aku yang melampaui keremangan.
Suram memudar perlahan.
Setiap langkah mencapai lebih dalam
Menguap bersama waktu

Aku berkeliaran di tengah-tengah kegelapan.
Mengitari misteri, menyisir kabut
Setiap langkah terlampaui
Ke dalam kabut.

Aku tidak sendiri
Cahaya pagi bersinar
Setiap langkah membawa aku lebih dekat
Untuk masa depan


Warna Kehidupan

Bangkit dari kegelapan
Mekar seperti bunga mawar.
Lahir dari kesucian
Meninggalkan menyisakan nista

Hidup dan kehidupan adalah harmoni
Berjalan mengikuti alur tanpa rekayasa

Tak ada satupun mahluk bumi berhak atas kesempurnaan
Maka jangan kultuskan kesempurnaan menjadi milik kita

Hanya satu kesempurnaan dari seluruh ciptaan
Hanya untuk DIA yang satu

Mata membuka cahaya namun tak seterang cahaya hati 
biarkan hidup berjalan
Memilih warnanya

Seperti pelangi
yang memberi warna
memberi makna


Puisi Cinta


Perjalanan Cinta

Mendengar suaramu
Membuatmu tampak begitu dekat
Namun begitu jauh mata memandang

Aku menunggu hari
Ketika kulihat engkau di hadapanku
Bagaimana hatiku akan berlomba

Aku ingin menciummu
Merangkulmu jika kaupun inginkan aku
Untuk membawamu ke dalam hidupku

Berjalan menyusuri lorong untuk menjadi pendamping hidupmu
Untuk melihat saat kau lekatkan cincin di jari
Untuk mencintaimu selamanya

Aku menunggu hari

Untuk berbagi tawa
Untuk mendengar saat kau berbisik
Untuk mendengar kata-kata cinta berbicara

Untuk menangis bersama
Untuk menghapus rasa sakit bersama
Untuk menghapus kesedihan bersama

Related Posts: